Sedekah Oksigen Smagi

Seperti kita ketahui bahwa banyak terjadi fenomena anomali alam seperti hujan es, suhu panas dan dingin yang ekstremdi berbagai negara. Hal ini terjadi sebagai akibat dari pemanasan global atau lebih dikenal dengan global warming yang melanda bumi kita. Salah satu penyebab global warming adalah berkurangnya hutan sebagai paru-paru bumi dan tingginya tingkat polusi baik polusi udara, air maupun tanah. Apabila kita tidak melakukan sesuatu maka keadaan bumi akan menjadi lebih buruk lagi dan tentunya hal ini akan mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia.

Program Sedekah Oksigen merupakan suatu program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam rangka turut serta mengurangi global warming yang bertujuan menciptakan lingkungan yang hijau, sehat dan bersih. Dengan lingkungan yang hijau, sehat dan bersih maka diharapkan tercipta lingkungan kerja dan belajar yang nyaman.

Kegiatan utama dalam Program Sedekah Oksigen adalah menanam pohon Trembesi atau pohon holtikultura sebagai pemasok oksigen terbaik.Inovasi gerakan sedekah oksigen yang digagas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui penanaman pohon trembesi disambut positif dan mendapatkan dukungan oleh berbagai elemen masyarakat di Banyuwangi.  Walau gerakan ini secara resminya  akan dilaunching 31 Desember 2013 namun gaungnya terus berkembang di masyarakat.Saat ini, ada 238.200 bibit pohon yang ditanam di seluruh penjuru Banyuwangi dalam setahun terakhir. Bibit-bibit pohon ditanam terutama di atas lahan kritis seluas 1.420 hektar dan sempadan sungai seluas 32 hektar, dan 19.500 bibit ditanam di kawasan mata air. Ini juga bagian dari ikhtiar membuka ruang terbuka hijau yang berfungsi pula sebagai ruang publik.Dikatakan Bupati Anas, kenapa oksigen itu penting? Karena dalam satu hari kita menghirup oksigen sebanyak 2.880 liter. Jika diasumsikan dengan harga oksigen murni per tabung kapasitas 1 liter seharga Rp 25 ribu, maka lewat sedekah oksigen bisa dihemat dana Rp 72 juta per hari atau Rp 5 miliar 550 ribu/bulan. Yang juga sama artinya dengan Rp 67 miliar/tahun. “ Dan itu gratis dari Tuhan YME. Maka kalau begitu kita perlu bersyukur atas pemberian Tuhan ini dengan ganti sedekah atau zakat oksigen. Caranya dengan terus menanam dan menghijaukan lingkungan kita,” ujar Bupati.

Sebagai apresiasi atas apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapat penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, karena berhasil melaksanakan program penanaman satu miiar pohon. Penghargaan diberikan SBY kepada Anas, saat acara Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2013 di Karangasem, Bali, Senin (25/11/2013).

SMA Negeri 1 Giri sebagai salah satu sekolah Adiwiyata di Kabupaten Banyuwangi berusaha untuk turut serta dan mensukseskan Program atau Gerakan Sedekah Oksigen tersebut yaitu dengan melakukan penanaman pohon Trembesi atau pohon Holtikultura. Dalam melaksanakan gerakan Sedekah Oksigen SMA Negeri 1 Giri melibatkan seluruh komponen sekolah.

Iklan
Ditulis dalam Save Our Earth
3 comments on “Sedekah Oksigen Smagi
  1. abdulcholiq berkata:

    Yang jelas dengan sedekah membentengi kita dari balak …. betul mboten mas ?

  2. Abdul Hamid berkata:

    bagaimana cara ikut dalam kegiatan banyuwangi sedekah oksigen ???

    saya ingin berkontribusi langsung

    • admin-akademik berkata:

      dalam program sedekah oksigen kali ini, kita hanya bergerak di lingkup sekolah karena sebagai salah satu wujud sekolah mendukungf program pemerintah.

      anda bisa langsung mengunjungi web resmi kabupaten banyuwngi banyuwangikab.go.id bisa juga melalui twitter @banyuwangi_kab dan twitter pak bupati @a_azwarnas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: