Pakde Karwo Buka Pekan Olahraga Jatim di Banyuwangi

07-06-2015

BANYUWANGI – Gubernur Jawa Timur Soekarwo membuka Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke-V di Stadion Diponegoro Banyuwangi, Sabtu malam (6/6). Porprov akan berlangsung hingga 13 Juni mendatang dengan mempertandingkan 35 cabang olahraga serta diikuti lebih dari 9.000 atlet dan perangkatnya.

Selain Soekarwo, acara pembukaan ajang olahraga terbesar di Jatim itu juga dihadiri Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Sebagai pembuka, event ini diawali dengan pesta kembang api dan penampilan tarian gandrung kolosal yang ditarikan 1.000 penari. Dilanjutkan dengan suguhan apik dari peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Dibelakangnya menyusul parade defile atlet dari 38 kabupaten/kota se-Jatim

Pembukaan Porprov yang dianggap paling meriah dari seluruh sepanjang berlangsungnya event dua tahunan ini, juga ditandai dengan pemukulan drum dan penyalaan api obor Porprov. Api obor yang dibawa oleh altet asal Banyuwanngi peraih medali emas di ASEAN Games dan Pekan Olah Raga Nasional (PON) 1997, Alvent Yunianto ini diambil dari fenomena api biru (blue fire) di kawah Gunung Ijen. Sebelumnya, maskot Porprov berupa berupa anak penyu (tukik) juga difragmenkan dalam sebuah teatrikal yang memukau ribuan penonton.

Soekarwo mengatakan, Porprov menjadi manifestasi dari tradisi Jatim dalam mencetak atlet tingkat nasional dan internasional. Selama ini atlet-atlet dari Jatim telah banyak berkiprah di arena Asian Games dan Olimpiade. “Jadikanlah Porprov pintu gerbang ke tingkat dunia,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo.

Dia berpesan agar para atlet, wasit, dan pelatih selama pelaksanaan Porprov bisa menjunjung tinggi semangat sportivitas, kejujuran, dan profesionalisme. Sehingga juara-juara yang dihasilkan benar-benar atlet terbaik dan berkualitas.

Soekarwo juga mengapresiasi kerja keras Banyuwangi atas penyelenggaran Porprov. Kemeriahan acara yang dibangun bahkan melebihi ekspektasi. Soekarwo pun sempat berpantun untuk Banyuwangi. “Nasi kebuli makanan sehat, Bupati dan masyarakat Banyuwangi memang hebat,” kata Soekarwo.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan terimakasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberi kepercayaan pada Banyuwangi sebagai tuan rumah event tingkat Jawa Timur. Sebagai tuan rumah tunggal perhelatan akbar provinsi ini, Anas juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan selama penyelenggaraan Porprov. “Selamat datang kepada seluruh kontingen dan selamat bertanding, semoga porprov ini bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik Jawa Timur yang siap berlaga ke event nasional maupun internasional,” kata Anas. (Humas & Protokol)

 

dirilis dari : Banyuwangikab.go.id

Iklan
Ditulis dalam Berita Seputar Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: